Sejarah Boys'Brigade

Kamis, 06 Mei 2010


Boys’ Brigade didirikan pada tanggal 4 Oktober 1883 oleh Sir William Alexander Smith ketika dia membentuk sebuah cabang dengan 35 anak laki-laki di Free Church Mission Hall, North Woodside Road, Glasgow, Scotland, Inggris. Sir William Alexander Smith adalah seorang perwira sukarelawan pasukan cabang “Ist Lanark Rifle Volunteers” pada dunia militer kerajaan Inggris. Namun dia adalah seorang kristen yang saleh. Dia aktif sebagai guru sekolah minggu. Diilhami oleh pemikiran disiplin dan percaya diri dan kerja sama dikalangan militer, Sir William Alexander Smith membentuk sekolah minggu sebagai suatu gerakan berseragam yang dinamakan BOYS’ BRIGADE (Boys’ karena kelasnya waktu itu khusus anak laki-laki), melihat keunikan sekolah minggu ini banyak anak-anak yang tertarik dan bergabung. Pada mulanya ada 59 anak-anak yang bergabung, tetapi kemudian banyak pula yang keluar lagi sehingga tinggal 35 anak-anak. Tahun pertama keseragaman hanya ditandai dengan pemakaian pita sebagai badge/lencana. Kemudian tahun-tahun berikutnya ditambah dengan topi, selempang dan tali pinggang. Ternyata pakaian seragam dan kegiatan yang dilakukan didalam kelas maupun diluar/lapangan banyak menarik hati para anak-anak, sehingga Boys’ Brigade berkembang dengan cepat. Pada tahun 1886 diadakanlah perkemahan remaja yang pertama di dunia. Boys’ Brigade merupakan organisasi remaja berseragam yang pertama di dunia. Dari satu cabang yang kecil berkembang terus menjadi suatu organisasi yang besar. Sekarang ini Boys’ Brigade telah tersebar di lebih dari 60 negara. Sekarang ini Boys’ Brigade berkembang dilebih dari 60 negara. Organisasi lain yang muncul kemudian setelah diilhami Boys’ Brigade adalah : Church Lad’s Brigade (1980), Boys Life Brigade (1899), The Jewish Lad’s Brigade (1900), Catholic Boys’ Brigade (1900), Girls Guildry (1900), Girls Life Brigade (1902), The Boy Scouts (1908), The Girl Guider (1910).

Keseluruhan organisasi diatas berdasarkan ide tahun 1883 dari Sir William Alexander Smith.

MOTTO Yakin dan Teguh (Sure and Stedfast) diambil dari kitab Ibrani 6:19. Kata Yakin dalam terjemahan Alkitab sekarang adalah Yakin menjadi kuat dan Teguh menjadi aman. LOGO Logo asli adalah sebuah jangkar/sauh. Seperti motto, yang diambil dari ayat “Pengharapan itu adalah sauh …………………………..” (Ibrani 6:19). Dengan bergabungnya Boys’ Brigade dengan The Boys’ Life Birgade pada tahun 1926, maka sebuah salib merah ditambahkan ke sauh/jangkar tersebut.

Sejarah Singkat BB Indonesia

Dimulai dengan adanya kerinduan BB Singapore untuk memperkenalkan dan mengembangkan BB di Indonesia pada tahun 80an. Tahun 1984 Mr Sam Tan berkunjung ke Gereja Methodist Indonesia di Medan. BulanJuni 1984, 3 utusan dari GMI Medan yaitu Pdt PH Pasaribu, Bp JH Gultom, Bp Sevendy Napitupulu berangkat ke Singapore dan di sana Mr Lim Khay Tham membimbing mereka.

Pada tahun 1986 berdirilah BB Cabang 1 Medan Selatan, Cabang 02 Mandala dan Cabang 03 Medan Timur. Pada pertengahan tahun 1990, api BB Indonesia hampir padam. Pada tanggal 16 Februari 1991 Cabang 04 Markoni Medan terbentuk, kemudian Cabang 05, 06 dst.

BB Indonesia dikenal sebagai PUTRA PENGABDI (PP). Keputusan Konperensi Tahunan No.45/SK-GMI/WIL.I/1994 mensahkan PP sebagai metode alternatif Pembinaan Generasi Muda.

Pada tahun 2004 Sekolah Kristen Gloria mulai menerapkan pola pembinaan Boys'Brigade. pertamanya diterapkan di SMP Kristen Gloria. Setelah melihat manfaat yang diperoleh, akhirnya Boys'Brigade tahun 2005 diterapkan di SD Kristen Gloria. Tahun 2010, pembinaan Boys'Brigade  sudah diterapkan di semua  jenjang SD dan SMP Kristen Gloria.

0 komentar

Posting Komentar